Gubernur Lemhannas: Revolusi Industri 4.0 Menimbulkan Disrupsi

Gubernur Lemhannas: Revolusi Industri 4.0 Menimbulkan Disrupsi

- in Featured, Nasional
197
0

Gubernur Lemhannas: Revolusi Industri 4.0 Menimbulkan Disrupsi
 
Jakarta, Cosmopolitanpost.com
 
Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo menjelaskan bahwa perkembangan teknologi pada Revolusi Industri 4.0 telah menimbulkan “disrupsi” di berbagai sektor. Kemajuan suatu negara dalam Revolusi Industri 4.0 berhubungan langsung dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia untuk menyambut tantangan perubahan besar dan disrupsi dalam pola pikir, pekerjaan, dan gaya hidup.
“Disrupsi yang disebabkan Revolusi Industri 4.0 telah dan akan terus mengubah secara drastis kehidupan manusia. Tidak ada satu negara atau individu yang bisa menghindarinya. Kita optimistis kehidupan akan menjadi jauh lebih baik,” kata Gubernur pada saat ditemui di Lemhannas RI, Jakarta, (4/10).
Pandemi Covid-19 mempercepat perubahan di era Revolusi Industri 4.0. Wabah penyakit global tersebut secara tidak langsung ikut mendorong manusia menjadi makin tergantung kepada internet untuk melakukan berbagai kegiatan. Rapat, seminar, dan pembelajaran siswa dilakukan secara daring untuk menghindari penyebaran virus Covid-19. Namun, pandemi Covid-19 juga menimbulkan resesi ekonomi global yang menyebabkan meningkatnya pengangguran dan angka kemiskinan.
Melihat situasi itu, Lemhannas RI memutuskan untuk memberikan kontribusi dalam menyongsong 100 tahun Indonesia merdeka, sekaligus berpartisipasi bersama pemerintah mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara maju, makmur, dan sejahtera.
Salah satu partisipasi Lemhannas RI dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Merdeka melalui “Peluncuran Buku Indonesia Menuju 2045” yang akan digelar Lemhannas RI bekerja sama dengan CSIS dan Kompas.
Acara yang akan dihelat pada Rabu, 6 Oktober 2021, pukul 15.00 s.d. 18.00 WIB tersebut dilaksanakan secara hybrid dengan menghadirkan narasumber terkemuka, di antaranya, Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo; Menteri Koordinator Bidang Pembangunan manusia dan Kebudayaan RI, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P; Direktur Eksekutif CSIS, Phillips J. Vermonte; Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka; dan Direktur Komunikasi Kompas Group, Glory Ojong.
Kegiatan ini diharapkan mampu menggambarkan capaian dan juga tantangan yang dihadapi Indonesia dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Merdeka. Sehingga Indonesia mampu bersaing dengan negara lain untuk mewujudkan generasi emas Indonesia Maju.
***

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Suvarna Sutera Luncurkan Klaster Agra Untuk Millenials

Suvarna Sutera Luncurkan Klaster Agra Untuk Millenials