Parung, Segitiga Emas yang Sedikit Terlupa.

Parung, Segitiga Emas yang Sedikit Terlupa.

- in Featured, Nasional
211
0


 
Parung, Segitiga Emas yang Sedikit Terlupa.
 
Parung Bogor, Minggu 28 November 2021.
Parung terletak diantara Bogor, Tangerang Selatan, Tangerang dan Jakarta. Letaknya sungguh sangat strategis sebagai daerah titik temu perlintasan dari beberapa kota.
Parung merupakan wilayah dari Bogor namun akses transportasi kedaerah tersebut dari tahun ke tahun hanya dilalui angkot dan bus 3/4 yang sudah lumayan berumur yaitu bus Perdana, Batu Salembur, Pusaka.

Bus mini jurusan Tangerang – Bogor tersebut terlihat setiap hari menunggu penumpang penuh hingga satu jam lebih di Pasar Serpong, dan parkir di pertigaan Pasar Parung. Itupun dengan tarif yang tidak terlalu jelas besarannya.
Pada musim hujan beberapa ruas jalan menuju Parung dari arah Serpong terlihat banyak yang seperti kubangan dan rusak.
Parung menyimpan potensi sebagai sentra wisata aneka ikan hias maupun grosir dan eceran bibit ikan hias serta ikan air tawar.
Dulu Parung merupakan jalan yang di lalui oleh wisatawan dari Jakarta menuju Puncak sebelum adanya jalan tol Jagorawi.
Di tepi jalan di kanan kiri terlihat penjual wajan (penggorengan) besar terbuat dari bekas drum. Namun pemandangan itu kini telah berganti dengan kios dan hunian, ujar seorang bapak dari Sentul hendak naik mini bus menuju Tangerang kemudian ke Kalideres.
Mengapa tidak ada moda transportasi publik seperti busway atau bus Trans Bogor melewati persilangan jalan Parung ini? Apa karena masih banyak lahan kosong di sini, sehingga belum ada kebijakan tersebut? Mau naik KRL juga sepertinya agak repot dari staiun Bogor musti transit dulu di Tanah Abang Jakarta baru ke arah Tangerang atau Serpong. Muter lebih jauh, tukasnya pula.
Pertigaan Pasar Parung sering terlihat macet di jam tertentu karena banyak angkot warna biru, hijau arah ke Depok, Bogor via Semplak, maupun ke Serpong via Gunung Sindur.
Parung tidak terlalu jauh jaraknya dengan Pusat Benih Rumpin yang beberapa hari lalu ditinjau oleh Presiden RI Joko Wi.
Semoga pemimpin yang terpilih di masa depan lebih memperhatikan Parung agar dapat lebih ditingkatkan lagi transportasi publik, sarana jalan maupun fasilitas lainnya. Dan semoga rencana pembangunan tol Jagorawi 2 segera lekas selesai diwujudkan.
Parung secara jarak juga tidak terlalu jauh dari Ibukota RI saat ini.
(Lili Judiarti)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

Buka IPPP ke – 2, Presiden Jokowi Tekankan 3 Sektor Butuh Penanganan Bersama Yaitu Perubahan Iklim, Ekonomi Biru, dan Pengembangan SDM

Buka IPPP ke – 2, Presiden Jokowi Tekankan