ZYREX TARGETKAN PRODUKSI 250 RIBU LAPTOP DI INDONESIA

ZYREX TARGETKAN PRODUKSI 250 RIBU LAPTOP DI INDONESIA

- in Nasional
170
0

ZYREX TARGETKAN PRODUKSI 250 RIBU LAPTOP DI INDONESIA
 
Jakarta, Cosmopolitanpost.com
 
Di tengah perubahan era yang sedang terjadi saat ini, kebutuhan masyarakat dunia akan teknologi sudah bisa didesak masuk ke dalam kategori “kebutuhan primer”. Apalagi Indonesia sebagai negara yang memiliki indeks peningkatan kebutuhan teknologi yang tertinggi di seluruh dunia sejak pandemi ini dimulai, Zyrex melihat peluang ini.
Zyrex sebagai perusahaan anak bangsa yang menghasilkan produk-produk IT lokal seperti laptop, PC dan juga IT support tentunya memiliki komitmen besar dan ingin berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan primer di Indonesia.
Ditambah lagi dengan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 mengenai persyaratan produk lokal dengan angka TKDN di atas 40%, Zyrex sudah mencapai angka 44% sejak tahun lalu. Dan tentunya angka 44% ini akan ditingkatkan di tahun-tahun berikutnya. Lewat apa? Lewat kerjasama dengan ODM level dunia.
Di tahun 2021, penandatanganan kesepakatan antara Zyrex, dam Pegatron sebagai ODM (Original Design Manufacturer) yang berbasis di Taiwan dengan pengalaman mereka yang sudah bertahun-tahun, membuat Zyrex berhasil menjual kurang lebih 170.000 unit laptop dan perangkat komputer di Indonesia.
Pegatron sebagai salah satu ODM berskala internasional yang berbasis di Taiwan, memiliki pengalaman yang sangat mumpuni. Mereka memasok komponen kepada perusahaan-perusahaan berbasis teknologi yang sudah berskala internasional.
Kunjungan Pegatron merupakan keseriusan mereka untuk bekerja sama dengan Zyrex dan memberikan dukungan teknis, serta transfer teknologi sebagai persiapan produksi tahun 2022 ini.
Meskipun di tengah pandemi, kerjasama dua perusahaan berbeda negara ini tetap dilaksanakan, bahkan technical team dari Pegatron akan berkunjung ke Zyrex untuk meningkatkan dukungan terhadap transfer knowledge ke para pekerja di Zyrex.
Dengan demikian, target produksi 250.000 unit laptop pun bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar yang besar di Indonesia, baik dari pasar konsumen maupun pasar pemerintah lewat pengadaan oleh Kemendikbudristekdikti.
“Kami mengucapkan terimakasih kepada Menteri Perindustrian, Dr. Agus Gumiwang Kartasasmita, M.Si. yang telah mendorong pertumbuhan industri Dalam Negeri, dan pada khususnya Dirjen ILMATE, Dr. Ir. Taufik Bawazier, M. Si. yang telah melakukan pembinaan
kepada kami sehingga dapat terus berkembang di industri Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia. Dengan adanya perpres (Nomor 12 tahun 2021) dan peraturan menteri tentang pemakaian produk lokal ber-TKDN di atas 40%, dan ditambah dengan kerjasama kami bersama Pegatron dengan Zyrex yang sudah terlaksana di 2021, maka kami sudah berhasil mengapalkan +-140.000 laptop di Indonesia. Lalu di tahun 2022, kami juga akan melakukan hal yang sama, berhubung dengan ketatnya permen dan perpres soal pemakaian produk lokal, kami yakin Zyrex dapat mengalokasikan 250.000 unit produk, meskipun di tengah-tengah kelangkaan IC, komponen dan lain-lain. Dengan demikian, kami sangat mengharapkan Pegatron dapat melakukan investasi lebih lagi dan bisa bekerjasama dengan Zyrex di Indonesia.” Ujar CEO Zyrex, Timothy Siddik.
Zyrex mengajak Pegatron dan ODM lainnya bersinergi melakukan investasi di Indonesia untuk memproduksi Laptop serta komponen-komponennya sehingga dapat meningkatkan prosentase Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) terhadap merek-merek lokal.
“Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami untuk bergabung di dalam acara ini bersama Zyrex, pelanggan dan partner kami yang setia di Indonesia. Meskipun dalam keadaan Covid 19, tim Pegatron memilih untuk datang secara fisik dan mendukung partner kami. Ini adalah tujuan dan motivasi kami yang kuat untuk mendukung Zyrex baik dari sisi teknis maupun sisi manufaktur. Cara ini adalah cara kami menunjukkan kolaborasi kami yang erat dengan partner kami, karena tujuan kami adalah untuk mendukung partner kami dan industri ini untuk memajukan IT. Kami berharap dapat melanjutkan perjalanan ini dan bekerja sama di Indonesia dalam skala yang lebih dalam lagi. Terima kasih.” Ucap Peggy Wang, Sales Director Pegatron Corp.
Sebelumnya, Zyrex dan Pegatron sudah menjalin kerjasamanya lewat beberapa komponen yang disuplai ke Indonesia seperti motherboard, PC, mini-PC, dan lain-lain. Sekarang, mereka lebih berfokus kepada kerjasama dalam memperbaiki kualitas lini produksi. Total Quality Management menjadi fokusnya.
Sesi Tanya Jawab:
Pertanyaan untuk Pegatron
1. Q: Apa strategi global Pegatron dan kenapa memilih pasar Indonesia?
A: Saat ini kita sedang berada di era baru dengan tantangan baru, globalisasi menjadi arah dan strategi penting bagi kita. Sebagai perusahaan teknologi terkemuka, Pegatron memiliki lokasi operasi di seluruh dunia. Kantor pusat dan lokasi produksi kami berada di Taiwan, dan kami juga memiliki lokasi di Eropa, Meksiko, AS, Cina, Jepang, Indonesia, Vietnam, dan India.
Indonesia merupakan salah satu negara dengan ekonomi berkembang yang tumbuh pesat di Asia Tenggara. Kami melihat banyak potensi dan peluang besar di sini. Hal ini juga menjadi alasan Pegatron berinvestasi di Batam, Indonesia pada tahun 2019, yang kini memproduksi perangkat komunikasi broadband di sana.
Akan tetapi, kami tidak hanya berinvestasi, melainkan juga ingin membantu mitra lokal kami untuk berkembang, dan inilah mengapa hari ini kami memperdalam kerja sama kami dengan mitra baik kami, Zyrex dalam memproduksi laptop di Indonesia.
Dengan berbagai pengalaman kami dalam pembuatan laptop, kami dengan senang hati berbagi pengalaman teknis kami, untuk membantu industri IT di lndonesia untuk tumbuh bersama dengan mitra kami.
Zyrex telah lama menjadi mitra kami dan mereka sangat mengenal pasar IT Indonesia, dan kami Pegatron memiliki latar belakang teknologi yang kuat, sehingga bersama-sama kami percaya dapat menciptakan peluang besar bagi industri IT Indonesia.
2. Q: Bisakah Anda ceritakan pengalaman Pegatron tentang teknologi dan apa keuntungan Anda membantu industri IT?
A: Pegatron telah fokus dalam mengembangkan teknologi mutakhir selama bertahun- tahun dan dalam banyak kategori. Tim desain, tim teknik, dan tim manufaktur kami berpengalaman dalam berbagai segmen produk: Teknologi AI, komunikasi 5G, Komputasi PC, IoT, elektronik konsumen, elektronik otomotif. Kami bekerja sama dengan berbagai perusahaan teknologi terkemuka seperti Microsoft, Google, Intel, AMD, Nvidia, Qualcomm, MTK, dll. dan bersama mereka kami mengembangkan banyak platform.
Dengan berbagi pengalaman dan pelatihan teknis kami dengan mitra kami di Indonesia, kami dapat menciptakan lebih banyak peluang bagi industri dan komunitas lokal, dan membantu berbagai pihak untuk mendapatkan keuntungan dari kemajuan teknologi dan industri.
Pertanyaan untuk Zyrex
1. Q: Apakah dengan kerja sama ini kualitas laptop Zyrex bisa setara dengan laptop merek Internasional?
A: Dengan ditandatanginya Perjanjian Kerja Sama dengan Pegatron, maka kualitas laptop Zyrex dapat makin baik dan setara dengan merek Internasional, karena Pegatron merupakan perusahaan yang mapan dan telah berkomitmen bukan hanya untuk berdagang saja, melainkan juga mendukung den mempertumbuhkan industri lokal seperti Zyrex, dalam hal teknis dan alih teknologi. Dengan demikian, Zyrex dapat bersaing dengan merek-merek Internasional.
2. Q: Berapa kapasitas produksi Zyrex saat ini, apakah sanggup memenuhi kebutuhan pengadaan laptop dari kementrian yang besar ini?
A: Saat ini Zyrex memiliki 8 lini produksi, di mana 4 lini produksi didedikasikan untuk perakitan laptop dan 4 lini produksi digunakan untuk perakitan produk-produk IOT, PC, Server dan produk elektronik lainnya.. Dengan demikian, Zyrex sanggup untuk memenuhi kebutuhan pengadaan laptop dari Kementerian/Pemerintah yang besar tersebut.
3. Q: Bagaimana dengan kesiapan layanan purna jual Zyrex?
A: Dengan jaringan layanan purna jual yang saat ini yang sudah cukup luas yang tersebar di seluruh Indonesia, maka Zyrex dapat melayani pengguna langsung di tempat (on-site services). Dengan demikian, Zyrex telah siap dalam hal layanan purna jual. Kami memiliki pelanggan loyal yang tersebar di 18.000 titik lokasi yang telah kami layani dengan baik selama bertahun tahun.
***
(Hotben)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

PT Gozco Plantations Tbk Umumkan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan 2024

PT Gozco Plantations Tbk Umumkan Rapat Umum Pemegang